Tips Merawat Helm Bermerk Agar Tetap Bagus dan Tidak Rusak

Tips merawat helm - Kalau sobat bikers punya helm saya ucapkan selamat karena sobat sudah memenuhi salah satu syarat / kewajiban berkendara sepeda motor.

Artinya sobat bikers sudah menyayangi diri sobat sendiri atau melindungi diri sendiri dari hal-hal yang mungkin terjadi saat berkendara.

Jalan raya itu, salah satu tempat yang tidak bisa ditebak...kadang situasi dirasa aman dan sepi malah bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan atau sebaliknya.

Untuk itu sobat bikers harus selalu memakai helm apabila mengendarai motor, gak ada alasan apakah jarak dekat atau jauh pokonya harus pakai.

Masalahnya ada orang yang dengan sengaja tidak pakai helm saat naik motor. Banyak alasan jika yang bersangkutan di stop polisi lalu ditanyakan mengapa gak pakai helm? seperti;
  • Jarak dekat
  • Lupa
  • Gak punya helm
  • Helmnya hilang dan...
  • Yang lebih parah beralasan “helmnya sudah JELEK”

Nah, agar sobat bikers gak beralasan seperti oang-orang tersebut, terutama yang beralasan helmnya sudah jelek bisa menerapkan tips saya berikut ini agar helm tetap bagus dan tidak rusak.

Baca juga : tips memilih helm yang tepat dan aman agar tidak salah beli

Tips Merawat Helm Bermerk

sumber gambar: elitehelmets.com

Memang helm yang berperawakan buruk akan membuat si pemakainya tidak pd saat mengendarai motor. Padahal sebetulnya gak ada hubungannya dengan keselamatan kamu juga bro.

Kalau helm tersebut masih layak pakai, mengapa mesti malu? ...........oke, oke helm yang jelek mungkin akan membuat sobat enggan menggunakannya karena lain hal yang hanya sobat bikers yang tahu alasannya.

Jika ceritanya seperti itu, sobat bikers lebih baik membeli helm baru saja dan jika sudah beli mohon rawat baik-baik agar helm tersebut awet dan gak mudah rusak.

Berikut tisp merawatnya;

1. Letakan Helm dengan Benar

Cara pertama yang sobat bikers bisa lakukan agar helm tetap mulus adalah jangan menaruh helm dimana tempurung berada dibawah (shell) karena bisa membuat lecet.

Ini kebiasaan yang sepele namun berdampak cukup serius bagi helm, pastinya sobat bikers sudah mengerti kan jika shell gampang sekali tergores sehingga menyebabkan permukaan helm seperti sudah lama (buruk).

Baca juga :  merk helm berkualitas buatan Indonesia

2. Rajin Membersihkan Helm

Bukan cuma pemilik helm saja yang mesti membersihkan diri, helm yang sobat bikers punya juga harus rajin dibersihkan dari kotoran yang menempel.

Debu yang menempel pada helm membuat warna helm terlihat pudar oleh sebab itu rajin-rajinlah membersihkan helm milik sobat. Helm yang jarang dibersihakn juga bisa membuat helm menjadi bau.

3. Bungkus Helm Jika Tidak Digunakan

Ketika sobat bikers membeli helm pastinya akan mendapatkan pembungkus helm baik berupa kardus dan sarung helm. Kedua benda ini bisa sobat manfaatkan untuk menyimpan helm apabila tidak digunakan. Helm yang terbungkus rapiakan terhindar dari benturan dan debu sehingga lebih awet.

4. Masukan Helm Di Bagasi

Bagi sobat bikers yang selalu berpergian menggunakan sepeda motor pastinya akan memarkirkan motor di banyak tempat. Apakah sobat bikers sadar ketika parker ada kemungkinan baik motor maupun helm sobat mengalami senggolan dengan motor lain.

Apalagi ketika helm sobat letakan di spion motor makaakan rentan terjatuh dantergesek dengan motor lain saat parker. Lebih baik bagi sobat yang motornya punya bagasi luas letakan helm sobat di dalam bagasi, ini agar helm sobat aman dari kerusakan maupun pencurian.

Oke sobat biker, itulah atikel singkat saya kali ini tentang “tips merawat helm agar tetap bagus dan tidak rusak”. 

Biasanya sih kualitas helm juga tergantung merk-nya . Mangkanya sebelum beli, tahu dulu merk helm terbaik dan paling bagus agar tidak salah beli.

Sebagai penutup saya minta tolong kepada sobat untuk share artikel ini ke jejaring sosial agar lebih banyak orang tahu, tak lupa juga saya ucapkan terimakasih buat sobat yang terus setia membaca artikel saya...thank berat sobat bikers.

Kata kunci: cara merawat helm kyt, cara merawat kaca helm, cara merawat helm full face, cara merawat helm agar tidak bau, cara membuat helm tetap wangi, cara membersihkan helm lecet

Artikel Terkait

Previous
Next Post »